Jumat, 13 April 2012

dasar FUNGSIONAL PROGRAMING


FUNGSIONAL PROGRAMING

Merupakan salah satu pemecahan masalah dalam pemrograman yang ditulis urut dari judul sampai alplikasi masalah yang kita buat,

1. Konsep dasar
-          Program: model, solusi persoalan untuk dijalankan komputer
-          Solusi: identifikas satu/beberapa fungsi, jika diaplikasikan nilai khusus hasilnya sesuai diharapkan
-          Fungsi: pemetaan tipe domain ke tipe range, baik tipe dasar atau bentukan
-          Ekspresi: dasar, kondisional, rekursif
-          Tak ada ‘aksi’ baca tulis maupun pengubahan state
-          Analisis TopDown: problem, spesifikasi, dekomposisi\

        2. Struktur program
-          Definisi: identitas fungsi, domain, range
-          Spesifikasi: apa yang dilakukan fungsi
-          Realisasi: bagaimana fungsi melakukan komputasi atas parameter formal
-          Aplikasi: pemanggilan fungsi untuk evaluasi parameter aktual 

       3. Kerangka program
 
     4.     Notasi
-          Operator aritmetika: +,-,*,/,mod,div
-          Opeartor relasional: <,>,=,≠,≤,≥
-          Operator logika: and,or
-          Tipe: integer, real, character, boolean, list, list of list, …
-          Kondisional: if-then-else, depend on,
-          Ekspresi antara: let

       5. Ekspresi kondisional
-          Kasus: kondisi bernilai boolean
-          Analisi kasus: dekmposisi persoalan menjadi beberapa subpersoalan secara disjoin
-          Model:
1. depend on
2. if then else
3. and then
4. or else
          
          6. Kerangka kondisional
-          depend on <domain>
  <kondisi-1> : <ekspresi-1>
  <kondisi-2> : <ekspresi-2>
   …
   else                                 : <ekspresi-n>
-           
-          if <kondisi-1> then
        <ekspresi-1>
else {not kondisi-1}
        <ekspresi-2>
      
      7. type bentukan
-          Produk, tipe komposisi, tipe terstruktur, record
-          Tipe: himpunan nilai dan sekumpulan operator untuk tipe tsb
-          Definisi&spesifikasi: menentukan domain,range,operator
-          Operator: fungsi, konstruktor, selektor, predikat
-          Notasi tuple: <tipe,…,tipe>

         8. Contoh type bentukan
-          Point (absis,ordinat) : <integer,integer>
-          Pecahan (pembilang,penyebut) : <integer, integer≠0>
-          Jam : <integer[0..23], integer[0..59], integer[0..59]>
-          Garis (awal,akhir) : <Point,Point>

        9. Pendefinisian type bentukan
-          Nama, hanya akan jadi definisi
-          Selektor: akses komponen dasar
-          Konstruktor: fungsi pembentuk tipe
-          Predikat: menentukan karakteristik, pemeriksaan besaran
-          Fungsi lain yang relevan, dibuat spek dan harus direalisasikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar